Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
alc

alc

alc

Cara Merencanakan Liburan Keluarga dan Anak-anak - a-lc.over-blog.com

Cara merencanakan liburan keluarga – Entah satu bulan atau dua bulan sekali liburan bersama keluarga memang perlu menjadi agenda rutin. Tak hanya sekedar traveling atau refreshing namun agenda tersebut bisa mempererat hubungan seluruh anggota keluarga. Intinya baik anak atau orangtua akan mendapat pengalaman berkesan yang akan terus dikenang dengan agenda liburan bersama ini.

Sebelum melakukan perjalanan wisata ke tempat tertentu pasti kita butuh perencanaan yang matang terkait liburan bersama keluarga ini. Nah, berikut cara merencanakan liburan keluarga yang tepat sehingga nantinya liburan benar-benar berkesan dan menyenangkan.

 

 

Memilih Tujuan Wisata

Bagi kita yang memiliki anggota keluarga balita tentunya butuh cara merencanakan liburan keluarga yang harus disesuaikan dengan kondisi si kecil. Minimal kita perlu menghindari kemungkinan si kecil merasa bosan karena perjalanan terlalu panjang dan melelahkan. Jika ingin berlibur ke luar negeri ada baiknya memilih destinasi wisata yang tidak terlalu jauh, misalnya negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Selain jaraknya tidak terlalu jauh, negara-negara di kawasan Asia memiliki banyak spot menarik untuk anak-anak.

 

Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Masih berkaitan dengan cara merencanakan liburan keluarga bersama buah hati, kenyamanan menjadi faktor yang harus diprioritaskan. Oleh karena itu selain perlengkapan untuk kita sendiri, kita juga harus membawa perlengkapan khusus untuk si kecil mulai dari popok bayi hingga obat-obatan. Jangan lupa juga membawa selimut dan mainan favorit mereka agar si kecil merasa tetap ‘di rumah’ meskipun sedang berada di lokasi yang masih asing bagi mereka.

 

Perhatikan Saat Berkemas

Ada perbedaan barang bawaan ketika kita traveling sendirian dibandingkan dengan liburan bersama keluarga. Namun meski harus membawa barang lebih banyak kita harus tetap cerdas dalam urusan packing. Kita hanya perlu membawa baju secukupnya karena di tempat tujuan kita masih bisa mencuci. Untuk si kecil biarkan mereka memilih baju favorit mereka. Ini untuk menghindari kemungkinan mereka protes selama berlibur karena tidak mengenakan baju yang mereka sukai. Tempatkan barang-barang yang paling sering dibutuhkan dalam koper atau tas paling atas supaya lebih mudah dijangkau tanpa perlu membongkar semua isi tas.

 

Cari Aktivitas Menyenangkan

Mencari kegiatan yang menyenangkan adalah cara yang tepat saat liburan bersama keluarga. Menyenangkan dalam hal ini berarti rasa senang yang dirasakan seluruh anggota keluarga. Cari aktivitas yang sesuai dengan mengesampingkan kesenangan pribadi. Contohnya, jika kita menyukai aktivitas arung jeram atau surfing tidak mungkin kita mengajak anggota keluarga lain untuk melakukan aktivitas tersebut. Sebaliknya kita harus memilih kegiatan yang bisa dinikmati orangtua, anak-anak dan anggota keluarga lain.

 

Memilih Hotel yang Tepat

Cara merencanakan liburan keluarga yang terakhir adalah memilih hotel yang tepat untuk keluarga. Pilih hotel yang memiliki fasilitas lengkap termasuk fasilitas untuk anak-anak misalnya taman bermain, kolam renang khusus anak-anak, hingga menu makanan yang sesuai kebutuhan anak. Hal ini penting agar seluruh aggota keluarga, termasuk anak-anak mendapat asupan gizi yang cukup sehingga kesehatan tetap terjaga.

Share this post

Repost 0

Comment on this post